Hasil Pilkada Mamuju Utara (Matra)-Pemenangnya AGUS AMBO DJIWA

Do you want to share?

Do you like this story?

Hasil Pilkada Mamuju Utara (Matra) 2010 pemenangnya adalah AGUS. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mamuju Utara menetapkan pasangan Agus Ambo Djiwa-H Saal sebagai pasangan calon bupati dan calon wakil bupati terpilih. Dalam plenonya di Pasangkayu, Minggu, 8 Agustus kemarin, pasangan yang diusung koalisi Golkar dan PDIP itu memperoleh 43.174 Suara atau 61,79 persen.

Posisi kedua hasil perolehan suara pilkada mamuju utara ditempati pasangan Abdullah Rasyid-Bachtiar Syam dengan perolehan 22.354 suara (31,99 persen).

Hasil pilkada Mamuju Utara pleno itu ditolak kubu Abdullah Rasyid. Tim pasangan Abdullah bahkan meminta KPU Mamuju Utara / Matra menghitung ulang hasil pemungutan suara pemilukada 4 Agustus lalu. Saksi pasangan Hari Berbakti, Syamsul M Sail, menuding banyak kesalahan yang dilakukan KPU Matra dalam proses Pemilukada Mamuju Utara ini sehingga mengurangi perolehan suara mereka.

Hasil pilkada Mamuju Utara
Kecurangan itu antara lain penghitungan suara di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) Matra yang tidak teratur. Pihaknya menemukan banyak warga tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) menggunakan hak pilih. Juga banyak pemilih ganda, dan beberapa di antaranya menggunakan hak orang lain untuk mencoblos.

"Kami tidak menerima hasil penetapan rekapitulasi dan penetapan calon terpilih," ungkap Syamsul, Minggu, 8 Agustus.

Menurutnya, hasil pilkada Mamuju Utara masih banyak kejanggalan yang mesti diselesaikan KPU maupun Panwaslukada Matra. Dia membeberkan jika di sejumlah TPS diduga terjadi kampanye terselubung oleh tim pemenangan salah satu calon sehingga memengaruhi pilihan pemilih. Selain itu, banyak surat suara dibatalkan KPPS karena dianggap tidak sah.

Hasil pilkada Mamuju Utara
Menanggapi laporan itu, Ketua KPU Matra Yusri M Noer mengatakan sulit mewujudkan keinginan kubu Hari Berbakti. Pasalnya seluruh berita acara tentang hasil perhitungan di TPS telah ditandatangani saksi masing-masing calon.

Apalagi sejauh ini KPU Mamuju Utara belum menerima rekomendasi dari Panwaslukada tentang laporan pelanggaran pemilukada, sehingga pemilihan dinilai tidak ada masalah. Yusri menyampaikan jika penghitungan suara baru dapat diulang jika prosesnya tidak sesuai mekanisme dan petugas KPPS tidak konsisten melaksanakan proses pemilihan. Alasan lainnya jika terdapat pemilihan ganda dan suara tidak sesuai jumlah pemilih.

Hasil pilkada Mamuju Utara
"Kalau seperti ini seharusnya tim pemenangan Hari Berbakti melaporkan pelanggaran tersebut pada Panwaslukada Matra melalui saksi di masing-masing TPS," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panwaslukada Matra, Nasrul Natsir menegaskan hingga saat ini pihaknya belum mendapat satupun laporan terkait pelanggaran Pemilukada Mamuju Utara oleh salah satu calon.

Keywords Tags: pilkada mamuju utara, pemilu kada mamuju utara, pemilu mamuju utara 2010, pilkada bupati mamuju utara 2010, pilbup mamuju utara, pilihan bupati mamuju utara, pemilihan umum bupati dan wakil bupati mamuju utara, pilbup matra 2010, pilkada matra 2010, pemilu kada matra, hasil pilkada mamuju utara, hasil pemilu kada mamuju utara, pemilukada mamuju utara
(Sumber: Fajar)

YOU MIGHT ALSO LIKE

Advertisements

Advertisements